5 Masjid dengan Desain Arsitektur Terindah di Dunia

Satu kegiatan yg paling ditunggu-tunggu ketika Idul Fitri tiba merupakan salat Ied berjamaah di masjid. Tak hanya pada Indonesia, umat Islam di seluruh dunia pun pula melaksanakan salat Ied.

Dapat melaksanakan pribadi salat Ied di masjid-masjid menggunakan arsitektur yang latif jua kaya akan nilai historis sebagai suatu hal yg diidam-idamkan bagi umat Islam.

Lantas, masjid apa sajakah yg paling latif pada dunia, yg dapat menciptakan suasana salat Ied semakin khusyuk? Dilansir berbagai sumber, berikut 5 masjid paling indah di dunia yg bikin kamu ingin pergi juga salat Ied eksklusif di sana.

Masjid Paling Indah
Salah Satu Masjid Terindah di Dunia.

1. Masjidil Haram, Mekkah

Masjidil Haram merupakan masjid terbesar dan tempat paling disucikan oleh umat Muslim di dunia. Terletak di Kota Mekkah, Arab Saudi, pada tengah-tengah masjid ini masih ada Kakbah yg sebagai kiblat salat bagi umat Islam & sekaligus menjadi tujuan utama pada aktivitas ibadah haji dan umrah.

Masjid ini mampu menampung hingga 6 juta jemaah pada sekali salat. Saat hari memasuki lepas 1 Syawal, pemerintah Arab Saudi akan menandainya menggunakan dentuman meriam yg lalu dilanjutkan menggunakan atraksi cahaya yg dipancarkan menurut zenit Clock Tower.

Setelah salat Ied terselesaikan akan dilakukan aktivitas bersalam-salaman, dalam momen ini umumnya antreannya akan mengular sampai beberapa kilometer.

2. Masjid Nabawi, Madinah

Selain Masjidil Haram pada Mekkah, Masjid Nabawi jua sebagai loka ibadah paling disucikan umat Muslim global. Masjid Nabawi adalah salah satu masjid yang didirikan oleh Nabi Muhammad SAW dan sebagai masjid terbesar ke 2 pada global sesudah Masjidil Haram Masjid yg bisa menampung satu juta jemaah ini jua mempunyai desain arsitektur yg terlihat sangat istimewa dan berbeda. Mula dari kaligrafi, struktur tiang bangunan yang terlihat megah, sampai lampu-lampu gantung berlapiskan emas menghiasi berbagai ruangan yg terdapat di dalam Masjid Nabawi.

Keindahan & kemegahan yang terlihat dalam Masjid Nabawi ketika ini tentunya nir terlepas menurut peran para pemimpin Muslim pada Madinah menurut masa ke masa yg terus melakukan renovasi guna menaruh kenyamanan dalam para jemaah Haji & Umroh.
Selain itu, estetika daripada masjid ini akan semakin terpancar mana kala saat payung-payung raksasa yg terdapat di kurang lebih pelataran masjid secara otomatis akan terbuka sebelum adzan Subuh & tertutup menjelang Magrib.

3. Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi 

Masjid Agung Sheikh Zayed tampak dari luar. Foto: Arifin Asydhad/kumparan
Didesain sang arsitektur Suriah yg bernama Yousef Abdelky, Masjid Agung Sheikh Zayed juga sebagai galat satu masjid terindah pada dunia. Dibangun dari tahun 1996, masjid ini diprakarsai sang mendiang presiden UAE & penguasa Abu Dhabi, Sheikh Zayed bin Sultan Al-Nahyan.

Keindahan masjid ini terlihat menurut semua bangunan masjid yg terbuat berdasarkan dinding marmer berwarna putih yang spektakuler. Selain itu, lampu-lampu yg menghiasi bagian pada masjid terbuat dari kristal & emas 24 karat yg semakin menambah kemegahan masjid ini.

Sedangkan, pada bagian karpetnya, karpet Masjid Agung Sheikh Zayed terbuat dari output tenunan berdasarkan tangan. Menariknya lagi, karpet tenunan tangan tadi luasnya mencapai 5.630 meter persegi.

Tak hanya latif, masjid ini dapat menampung sampai 40 ribu jemaah sekaligus. Selain itu, pembangunan masjid melibatkan lebih menurut tiga ribu pekerja, 38 perusahaan menurut banyak sekali negara.

4. The Blue Mosque, Turki

The Blue Mosque atau Masjid Sultan Ahmed adalah keliru satu masjid terbesar yang jua sebagai destinasi wisata religi pada Turki. Masjid ini dikenal menggunakan Masjid Biru karena bangunannya yang didominasi warna biru.

Masjid ini dibangun atas perintah Sultan Ahmed I yg berasal menurut dinasti Ottoman yg menguasai Turki pada abad ke 14. Masjid ini dirancang oleh arsitek yg terkenal pada masa itu yaitu Mehmed Aga & mulai dibangun pada tahun 1609 & selesai dalam tahun 1616.

Sultan Ahmed I sengaja membentuk masjid biru ini karena ingin menandingi bangunan Hagia Sophia atau Aya Sofia yg dbangun pada masa kejayaan Bizantium.

Dari kejauhan, engkau telah bisa melihat enam menara masjid yg berdiri dengan megahnya. Dari segi arsitektur, masjid ini menggabungkan beberapa seni arsitektur Byzantium & Hagia Sophia menggunakan arsitektur tradisional Islam.

Keindahan interior masjid pun begitu kental menggunakan keramik berwarna biru. Tak kurang terdapat sekitar 20 ribu keping keramik output kerajinan terbaik daerah Iznik Turki menghiasi masjid ini bermotifkan daun, tulip, mawar, anggur, bunga delima atau motif-motif geometris.

Selain itu karpet sutera terbaik terhampar pada lantai masjid dan lampu-lampu minyak yang terbuat dari kristal. Banyak terdapat barang-barang & hadiah berharga di masjid ini, termasuk Al Quran yang ditulis pribadi menggunakan tangan.

5. Masjid Hassan II, Maroko 

Masjid terakhir yang juga punya desain paling indah pada global adalah Masjid Hassan II. Terletak di Maroko, masjid ini sebagai masjid terbesar pada Afrika yang jua punya menara tertinggi di global yaitu sekitar 210 meter.

Masjid yang terselesaikan dibangun dalam 1993 ini didesain oleh Michael Pinseau, seseorang arsitek berasal Prancis.

Gaya arsitektur Masjid Hassan II memberitahuakn imbas gaya “Moorish” yg kuat & mengingatkan orang pada kemegahan Alhambra dan Mezquita, dua peninggalan kebudayaan Islam yg termasyhur di daratan Spanyol.

Istimewanya, sebagian lantai masjid terbuat menurut kaca tebal sehingga umat Muslim yang beribadah atau sujud dapat melihat langsung ke dalam bahari Samudera Atlantik. Lebih berdasarkan 6 ribu seniman Maroko turut andil dalam pembangunan masjid ini.
Ukiran tangan para pengukir menggunakan dekorasi output cetakan semen menambah kecantikan masjid ini. Sedangkan ruangan utama, loka umat Muslimin salat, dilapisi menggunakan karpet merah.

Masjid ini dapat menampung sampai 100 ribu jamaah. Sebanyak 25 ribu jamaah tertampung di ruangan pada. Sisanya berada pada area luar masjid.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Masjid dengan Desain Arsitektur Terindah di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel